21 Fakta Dari Planet Mars

21 Fakta Dari Planet Mars - Hallo sahabat YERINDO, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 21 Fakta Dari Planet Mars, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 21 Fakta Dari Planet Mars
link : 21 Fakta Dari Planet Mars

Baca juga


21 Fakta Dari Planet Mars

Fakta Planet Mars - Apa yang kalian bayangkan ketika mendengar Planet Mars? Apakah kehidupan? Gersang? Atau malah, merah? Itu semua memang ciri-ciri planet yang satu ini, namun sebenarnya masih banyak sekali fakta-fakta yang kita belum ketahui tentang Mars. Apa saja itu? Gak usah berlama-lama yuk kita langsung ke TKP.



1.Kenapa permukaannya merah
Mengapa permukaan Mars begitu merah? Sebenarnya, zat yang menyebabkannya begitu merah karena Mars banyak mengandun iron oksida. Saat terbentuk planet-planet, sekumpulan besi terdapat pada semua planet muda. Besi di bumi tenggelam ke dalam intinya, namun besi di Mars menurut pendapat ilmuwan NASA tetap berada pada permukaan. Hal tersebut disebabkan Mars memiliki gravitasi yang lebih rendah. Mulanya Mars terlihat lebih gelap. Warna Mars berubah menjadi merah setelah besi di permukaan Mars teroksidasi. Sebenarnya sih banyak teori tentang bagaimana besi di Mars teroksidasi, tetapi teori itulah yang paling kuat.

2.Di kutubnya bukanlah es air
Lalu mengapa ada keputih-putihan di tiap kutub Mars? Sama halnya dengan kutub di bumi, dimana didaerah kutub itu jarang terkena matahari, sehingga mengakibatkan suatu zat membeku. Memangnya tidak bisa dicairkan jadi air? Tentu saja tidak bisa, karena itu sebenarnya adalah es dari CO2.

3.Mars dapat dilihat dari Bumi dengan mata telanjang
Tentu saja bisa, dan biasanya untuk langit Indonesia hanya bisa dilihat saat dini hari hingga subuh. Ia nampak paling merah diantara benda-benda langit yang nampak lainnya. Sebelumnya perlu diketahui kalau planet-planet tatasurya itu kalau kita lihat ke langit ukurannya hanya sebesar bintang yang biasa kita lihat di langit.

4.Kutub selatan yang lebih dingin
Pebedaan yang menonjol adalah eksentrisitas planet ini yang 5 kali lebih besar (0,093) daripara eksentrisitas Bumi (0,017). Karena itu, pada musim panas, planet ini memposisikan kutub selatannya berada pada jarak yang sangat jauh dari Matahari, sehingga kutub selatan lebih dingin dari kutub utaranya.

5.Tekanan yang jauh lebih kecil dari Bumi
Inilah salah satu alasan kenapa kita tidak bisa tinggal di Mars, tekanannya yang sangat-sangat rendah dibanding Bumi membuatnya menjadi planet yang mematikan. Tekanan udara di mars sekitar 100 kali lebih kecil dari Bumi.

6.Atmosfernya banyak CO2!
Atmosfernya terdiri dari 95,72% Karbon dioksida, 2.7% Nitrogen, 1.6% Argon, 0.2% Oksigen, dan sisanya gas lain dalam jumlah kecil.  Bayangkan betapa untungnya tumbuhan jika hidup disana :v tapi tetap saja tidak bisa hidup karena tak ada air.

7.Gravitasi yang lebih kecil dari bumi
Gravitasi di Mars hanya 3,69 m/s2, bayangkan saja dengan bumi yang gravitasinya 9,8 m/s2. Itu artinya jika kita bermain basket disana, lompatan kita akan 3x lebih lambat dibanding pemain tang berada dibumi.

8.2 Satelit yang tak beraturan
Mars punya dua satelit alami yang relatif kecil, yaitu Phobos dan Deimos. Dari permukaan Mars, pergerakan Phobos dan Deimos tampak sangat berbeda dari Bulan di Bumi. Phobos terbit di barat, tenggelam di timur, dan terbit lagi dalam waktu 11 jam. Deimos, yang berada di luar orbit sinkron-yang membuat periode orbitalnya sama dengan periode rotasi planet-terbit di timur namun sangat pelan. Meskipun periode orbital Deimos itu 30 jam, satelit tersebut butuh 2,7 hari untuk tenggelam di Barat. Asal usul kedua satelit tersebut tidak banyak diketahui. Albedo yang rendah dan komposisi kondrit karbon di kedua satelit tersebut dianggap mirip dengan asteroid, sehingga mendukung hipotesis penangkapan asteroid. Bentuk keduanya sangat tidak bulat, terutama Deimos.

9.Ada Awan di Mars
Dua jenis awan di Mars adalah awan es basah (water ice clouds) dan dan awan es kering (dry ice clouds). Awan es basah pada umumnya berada disekitar puncak gunung. Sering terjadi badai es yang sangat dahsyat, dan dapat menutupi sebagian permukaan planet ini.

10.Ukuran Mars jauh lebih kecil dari bumi


Seberapa besar sih Mars dibanding Bumi? Kalau dibandingkan itu cukup kecil. Lihat aja gambarnya. Mars memiliki jari-jari sekitar setengah dari jari-jari Bumi. Planet ini kurang padat bila dibandingkan dengan Bumi, dan hanya mempunyai sekitar 15% volume dan 11% massa Bumi. Luas permukaannya lebih kecil dari jumlah wilayah kering di Bumi.





Mau tahu kelanjutan faktanya? Simpan halaman ini dan refresh halaman pada jam 9 malam ini!
To Be Continued...






Demikianlah Artikel 21 Fakta Dari Planet Mars

Sekianlah artikel 21 Fakta Dari Planet Mars kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 21 Fakta Dari Planet Mars dengan alamat link http://yerindo.blogspot.com/2015/07/21-fakta-dari-planet-mars.html

0 Response to "21 Fakta Dari Planet Mars"

Post a Comment